R&b (juga ditulis rnb, singkatan dari rhythm and blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, jenis genre ini pertama kali diperkenalkan oleh musisi afrika-amerika. Istilah r&b untuk pertama kalinya digunakan untuk istilah pemasaran musik pada negara amerika serikat tahun 1947 oleh jerry wexler. Istilah rnb menggantikan istilah musik ras dan kategori billboard harlem hit parade pada juni 1949.

Pada tahun 1948, rca victor memasarkan musik hitam dengan nama blues and rhythm. Ungkapan itu dibalik oleh wexler di atlantic records, yang merupakan perusahaan rekaman r&b terkemuka di tahun-tahun awalnya. Dan sekarang aliran rnb jenis ini paling populer di seluruh dunia. Ada beberapa musisi r&b indonesia.

Musisi R&B Di Indonesia

Meski lahir di amerika serikat, nyatanya perkembangan musik r&b cukup diterima di berbagai tempat. Begitu juga di indonesia. Saat ini, r&b merupakan salah satu genre musik paling populer yang dikembangkan oleh musisi tanah air.

Baik musisi yang sudah memiliki reputasi besar maupun pendatang baru menghadirkan warna musiknya masing-masing yang cukup membantu memperkenalkan r&b lebih luas agar dapat diterima oleh berbagai masyarakat indonesia. Berikut beberapa musisi indonesia yang cukup aktif memperkenalkan genre musik ini.

Teza Sumendra

Salah satu musisi indonesia yang memiliki karakter cukup kuat untuk memperkenalkan musik r&b adalah teza sumendra. Meski memilih bekerja di luar arus utama, karakter penyanyi dan karyanya yang kuat membuat teza sumendra bisa diterima oleh berbagai pecinta musik indonesia. Musisi r&b ini dikenal dengan suara rendahnya yang khas dan ide musiknya yang ekspresif.

Rahmania Astrin

Meski belum bisa dibilang penyanyi pendatang baru, eksperimen rahmania astrini dalam merambah ranah musik r&b cukup berhasil. Musisi tersebut sukses merilis ep berjudul adolescent yang menjadi titik awal perkembangan musiknya ke ranah r&b dan juga dilanjutkan dengan single baru berjudul butterfly yang menambah warna perjalanan karirnya di tahun 2021.

Niki

Kehadiran niki sebagai salah satu musisi indonesia yang mampu menjangkau pasar internasional membuktikan bahwa r&b merupakan genre yang cukup populer di tanah air. Hidup dengan ekosistem dan lingkungan yang lebih dekat dengan akar r&b, niki mampu memaksimalkan potensinya dalam menghadirkan musik yang berbeda dari yang lain.

Abigail Cantika

Abigail cantika berhasil membuktikan eksistensinya sebagai salah satu musisi r&b tanah air melalui karya solonya. Musisi yang tergabung dalam grup musik gac ini membuka karir solonya dengan merilis ep berjudul ode to blue. Rilisan baru dari cantika abigail ini merupakan karya pertama yang dirilisnya setelah gac terakhir kali memperkenalkan album ketiga mereka resonance pada tahun 2018.

Rl + Klav

Selain cukup didominasi oleh musisi solo, ternyata r&b juga telah melahirkan kolaborasi antara dua musisi, yakni rl (rizkia larasati) dan juga klav (keshia aita). Keduanya cukup sering menghadirkan musik r&b bernuansa klasik 1990-an sejak 2014.

Rich Brian

Setelah viral dengan video singlenya, “dat $tick” pada tahun 2016, rich brian mendapat banyak pujian dari artis hip-hop, seperti ghostface killah dan cam’ron. Brian yang tergabung dalam label 88 rising with niki ini aktif meluncurkan musik meski di tengah pandemi dengan sebuah ep berjudul 1999 dan single bertajuk sydney. Bersama dengan higher brothers, z.tao, dan mc hotdog, rich brian menjadi juri di reality show tiongkok, rap for youth.

Demikian ulasan tentang Beberapa Musisi Musik R&B Indonesia, semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like