Setiap negara memiliki beragam tradisi dan budaya. Mulai dari musik, tarian, acara rutin, hingga hal lain yang menjadi bagian dari identitas negara. Termasuk alat musik tradisional asing yang mereka miliki. Di sini, anda dapat menemukan berbagai alat musik mancanegara dan keterangannya.

Alat Musik Mancanegara Dan Keterangannya

Gitar Flamenco – Spanyol

Sering mendengar istilah ‘bentuk tubuh yang mirip gitar spanyol’? Nah, gitar negara ini memang cukup terkenal di dunia. Sepintas, gitar yang memiliki nama flamenco ini hampir sama dengan gitar akustik klasik pada umumnya. Yang membuat gitar ini berbeda adalah dari segi bahan baku yang membuat suara yang dihasilkan lebih lembut.

Ukurannya juga cenderung lebih kecil. Banyak yang menganggap bahwa gitar flamenco lebih baik dimainkan dengan cara dipetik dengan jari secara langsung untuk menghasilkan suara yang sempurna atau tidak menggunakan bantuan pick. Gitar ini sering digunakan oleh masyarakat spanyol dalam berbagai acara musik dan seni lainnya.

Orgel – Belanda

Masih sama-sama dari benua eropa, salah satu alat musik tradisional milik negeri kincir angin yaitu belanda adalah organ. Sekilas, organ tersebut terlihat seperti piano karena memiliki bentuk yang hampir sama. Namun pada organ tersebut terdapat banyak pipa yang menjadi sumber bunyinya. Seiring berjalannya waktu alat musik belanda ini terus berkembang dan dikenal oleh banyak negara lain dan biasanya di gereja-gereja yang masih menggunakan konsep klasik.

Bagpipe – Skotlandia

Selanjutnya ada bagpipe yang berasal dari skotlandia yang merupakan bagian dari inggris raya. Alat musik tradisional ini berupa tas dengan pipa sebagai sumber bunyinya. Cara memainkannya dengan meniup. Ada lima pipa, empat di bagian atas dan satu di ujung tas, yang disebut pelantun. Untuk mencocokkan identitas negara skotlandia yang identik dengan kain tartan, biasanya tas menggunakan kain bermotif tartan.

Mbira – Afrika

Alat musik tradisional asing keempat adalah mbira. Mebira berasal dari afrika dimana saat ini banyak jenis yang merupakan hasil pengembangan dari alat musik tersebut. Mbira terbuat dari kotak kayu dengan spasi dan potongan logam yang ketika logam ditekan akan mengeluarkan suara bernada. Alat musik yang dikembangkan oleh mbira antara lain kalimba dan piano thumb.

Shamisen – Jepang

Negeri sakura juga memiliki banyak alat musik tradisional, salah satunya adalah shamisen. Shamisen dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini terdiri dari tiga senar dan dipetik menggunakan alat yang disebut ‘bachi’. Sumber suara shamisen juga berasal dari ruangan berlapis kulit.

Janggu – Korea

Apakah kamu sering menonton drama korea, terutama drama yang bertemakan saegeuk atau royalti? Anda pasti pernah melihat alat musik tradisional korea yang satu ini. Namanya janggu. Sepintas, janggu terlihat seperti gendang gaya korea. Janggu berbentuk jam pasir dimainkan dengan cara dipukul dengan dua tongkat khusus. Janggu sering digunakan dalam banyak acara budaya di korea termasuk dalam pertunjukan atau upacara.

Qanun – Arab

Musik tradisional arab sudah tidak asing lagi, khususnya bagi masyarakat indonesia. Salah satu alat musik tradisional asing di negeri ini yang menambah warna khasnya adalah qanun. Qanun sering disebut juga dengan kecapi arab.

Bentuk alat musik ini adalah setengah trapesium dengan 81 senar. Cara memainkannya menggunakan empat jari. Dibutuhkan keterampilan yang cukup untuk memainkan alat musik yang satu ini karena tergolong alat musik tradisional yang tidak mudah dimainkan.

Grajabpi – Thailand

Alat musik kedelapan adalah grajabpi yang berasal dari negeri gajah putih thailand. Alat musik ini sering disebut dengan kecapi tetapi lebih mudah dimainkan karena hanya terdiri dari tiga senar. Grajabpi sering digunakan dalam berbagai acara adat dan budaya di thailand. Biasanya pemain memegang instrumen saat memainkannya.

Demikian ulasan tentang Berbagai Alat Musik Mancanegara Dan Keterangannya, semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like