Jazz adalah salah satu genre musik paling populer di dunia. Genre ini kini bisa dikatakan sudah menyebar secara global. Musik jazz juga memiliki banyak komunitas penggemar khusus dan tidak kalah dengan genre musik populer yang memiliki penggemar fanatik seperti rock, pop, r&b, metal atau blues. Meski begitu, ada banyak daftar lagu jazz barat terpopuler yang ada dan disukai oleh penggemar jenis musik jazz ini.

Jazz memang memiliki warna musik yang berbeda dengan genre musik mainstream lainnya. Nada dan ritme dalam musik jazz cenderung lebih lambat. Namun justru itulah yang membuat musik jazz lebih mudah dinikmati. Hal ini dikarenakan lagu-lagu jazz sangat mudah di dengar di telinga para pecinta musik. Berikut adalah jenis jenis musik jazz yang cukup terkenal.

Jenis-Jenis Musik Jazz

Groove

Groove adalah jenis musik jazz yang sering disebut sebagai of-shoot soul jazz. Groove sering menggunakan nada-nada dari musik blues dengan fokus utama pada ritme. Musik ini bernuansa ceria dan sering menyentuh emosi pendengar untuk menari. Improvisasi solo jarang digunakan dan lebih mengandalkan musik kolektif.

Swing

Tahun 1930-an menjadi awal kemunculan swing. Karakteristik ayunan utama kuat dan menyegarkan. Swing juga sering diasosiasikan dengan musik dance, yang seringkali mengimprovisasi melodi utama.

Fusion Jazz

Genre musik jazz fusion ini merupakan perpaduan antara improvisasi jazz dengan energi dan ritme musik rock. Namun, terkadang campuran ini sering dianggap sebagai bagian dari musik rock dan bukan jazz. Fusion jazz cukup populer hingga era musik modern.

Ragtime

Ragtime menjadi cikal bakal musik jazz. Genre musik ini memiliki ketukan dan nada yang menyerupai musik asli afrika. Ragtime juga memiliki beberapa karakteristik yang dapat dikenali seperti ketukan dan tempo yang cepat dan antusias.

Bossa Nova

Genre musik bossa nova cukup unik karena merupakan campuran dari west coast cool, european classical harmonies dan rhytm samba brasil. Karena itu bossa nova juga sering disebut dengan nama brasilian jazz. Genre musik ini berkembang di amerika sekitar tahun 1962.

Mainstream

Mainstream muncul dari genre jazz yang kurang ketat pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Genre ini sering disebut modern mainstream atau post bop, dan dipengaruhi genre musik lain seperti cool jazz, classic, dan hardbop. Mainstream juga sering digolongkan sebagai genre jazz yang tidak terlalu terkait dengan genre sejarah musik jazz.

Vocalese

Vocalesemenjadi jenis musik jazz berikutnya. Genre musik ini juga sering disebut sebagai vocal jazz. Menggabungkan lirik dan musik dalam solo instrumental. Dalam genre vokal, fokusnya adalah pada nyanyian solo yang diiringi oleh grup musik kecil atau ansambel.

Classic Jazz

Genre jazz klasik sering juga disebut new orleans style. Bentuk asli jazz pada akhir 1800-an dan awal 1900-an. Instrumen jazz klasik dilengkapi dengan klarinet, saksofon, terompet, trombon, banjo, bass, gitar, drum dan piano. Improvisasi ditekankan dalam permainan dan aransemen musik bisa berbeda untuk setiap musisi.

Hard Bop

Salah satu genre musik jazz adalah hard bop. Genre musik ini merupakan pengembangan dari bebop. Melodi pada hardbop lebih soulful daripada bebop dan terkadang dipengaruhi oleh tema musik r&b dan gospel.

Hot Jazz

Musik hot jazz dapat dikenali dari improvisasi solois dan struktur melodi yang khas. Selain itu, ciri lain dari hot jazz biasanya memiliki klimaks emosional. Bagian ritme biasanya diiringi oleh gitar, bass, banjo, dan drum secara bertahap meningkat hingga mencapai klimaks atau crescendo.

Demikian ulasan tentang Berbagai Jenis Jenis Musik Jazz Yang Cukup Terkenal, semoga bermnfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like