Pentingnya Memilih Jasa Aransemen Terpercaya

studio music img by unsplash james stamler

Saat dihadapkan pada situasi yang mengaruskan Anda mencipta sebuah lagu, tentu pernah merasakan kendala seperti artblock, memperhitungkan akustik ruangan, menggunakan speaker yang sesuai, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, Anda tak memiliki alat-alat penunjang teknis seperti dapur rekaman, alat musik yang mumpuni, dan hal-hal mendasar lain. Semua kesulitan dalam proses kreatif Anda di bidang musik bisa diatasi dengan memanfaatkan jasa aransemen terpercaya.

Patut diketahui bahwa melibatkan penyedia aransemen adalah hal yang biasa dalam industri musik, tidak hanya di tanah air namun juga di luar negeri. Bahkan, banyak pula penyanyi, solois, solo singer, duo, trio, band, vocal group yang sering didampingi oleh komposer atau pengaransemen profesional dalam proses penciptaan mereka.

Selain demi alasan kreatifitas, pendampingan jasa aransemen dilakukan demi profesionalitas pekerjaan di bidang seni, khususnya musik. Aransemen penting dilakukan demi kesuksesan lagu secara keseluruhan, bahkan dinilai lebih penting daripada proses mixing lagu itu sendiri.

Bagi Anda yang kurang memahami tentang apa itu aransemen lagu, kami akan merangkumkannya untuk Anda.

Mengenal Aransemen Lagu

Meski peran penyedia jasa aransemen sangat penting, banyak musisi yang ternyata masih mengesampingkannya. Hal itu disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah karena kurangnya pemahaman mereka atas aransemen.

Patut diketahui bahwa aransemen adalah salah satu proses yang harus dilewati dalam penyusunan karya musik.

Aransemen sendiri dilakukan oleh seorang komposer atau produser musik. Dengan proses ini, musisi akan melakukan penyesuaian lagu yang sudah ada menjadi karya baru yang luar biasa. Hal ini dilakukan sebagai eksplorasi karya.

Banyak musisi Indonesia, bahkan dunia yang karyanya diaransemen ulang. Di Indonesia, karya proses aransemen sering dilakukan oleh Erwin Gutawa, seorang komposer ternama. Salah satu aransemen yang ia lakukan pada lagu yang berjudul Bukan Cinta Biasa, garapan produser Bebi Romeo.

Kesuksesan aransemen lagu yang dilakukan musisi Indonesia juga memiliki hasil yang mengejutkan. Bahkan, banyak penyanyi lagu aransemen yang popularitasnya melebihi penyanyi aslinya.

Salah satu kesuksesan aransemen di dunia musik misalnya dialami oleh Afgan Syahreza yang membawakan lagu almarhum Chrisye yang berjudul “Panah Asmara”. Tak hanya lagu bergenre pop, aransemen juga terjadi pada genre musik lain seperti keroncong atau dangdut.

Di musik dangdut, banyak production house yang memilih untuk melakukan proses aransemen lagu yang sudah ada kemudian dibawakan ulang oleh penyanyi muda yang dipilih.

Di musik dangdut, kesuksesan aransemen dangdut misalnya berhasil diraih oleh Happy Asmara yang sering membawakan lagu almarhum Didi Kempot. Hal serupa juga dialami oleh penyanyi dangdut lain seperti Via Vallen atau Yeni Inka.

Aransemen lagu lawas yang kemudian dibawakan lagi juga dilakukan oleh musisi luar negeri. Bahkan, hasil aransemen yang dibawakan penyanyi muda cukup mendapat lirikan dari penggemar musik dunia. Lagu-lagu yang kerap dibawakan ulang oleh musisi populer adalah lagu milik Franks Sinatra dan lagu milik The Beatles.

Tips Melakukan Aransemen Lagu

Pada akhirnya, proses aransemen lagu bisa dilakukan oleh siapa saja asal ia memiliki pengalaman dan pengetahuan terkait hal tersebut. Tak ada salahnya jika Anda ingin mencoba melakukan proses aransemen lagu secara mandiri. Untuk melakukannya, setidaknya ada tiga tips yang ingin bagikan untuk Anda, yakni sebagai berikut.

  • Perkuat Elemen yang Sudah Ada

Salah satu kunci dari aransemen lagu bukan membuang elemen musik yang sudah ada, namun memperkuat elemen tersebut. Para musisi menyebut teknik ini sebagai teknik layering.

Teknik layering adalah trik yang melibatkan penggunaan beberapa track audio yang memainkan bagian yang sama. Kombinasi ini akan membuat bagian dalam musik tertentu lebih mencolok dan mewah.

  • Tambahkan Efek Tertentu

Proses aransemen tak melulu melibatkan alat musik. Anda bisa menambahkan efek suara tertentu dalam musik Anda. Teknik ini mungkin sedikit kurang diterima, namun dalam kenyataannya, ada beberapa musik yang justru mendapat perhatian lebih besar dari pendengar dibanding dengan lagu aslinya.

Penambahan suara unik juga sering dilakukan di Indonesia. Misalnya penggalan lagu “Salah Apa Aku” yang dinyanyikan oleh ILIR7. Lagu ini sudah dirilis sejak 2018 dan viral di media sosial TikTok. Lagu ini menarik perhatian karena adanya penambahan suara yang justru bukan berasal dari alat musik. Suara efek yang ditambahkan adalah suara burung gagak.

Bahkan, penambahan suara burung gagak pada lagu kemudian diadaptasi dalam lagu lain karena kesuksesannya.

  • Libatkan Jasa Aransemen Lagu yang Berpengalaman

Cara ini memang di luar teknis aransemen, namun melibatkan penyedia jasa akan memudahkan Anda dalam belajar mengaransemen. Keterlibatan penyedia jasa bisa dilakukan sebagai konsultan saja.

Di Indonesia, ada beberapa jasa aransemen yang bisa diajak kerja sama. Namun tak semua penyedia mampu menjadi mitra Anda. Untuk mendapatkan penyedia aransemen, Anda bisa menghubungi lavamusik.com.

Lava Musik mampu menjadi mitra Anda dalam mengaransemen musik seperti yang Anda inginkan. Tidak hanya terbatas pada musik pop saja, melainkan musik dangdut, rock, musik rohani, blues, jazz, dan masih banyak lagi.

Harga Jasa Aransemen Lagu

Meski belum begitu populer, jasa aransemen lagu di Indonesia cukup banyak. Penyedia jasa tidak hanya dinaungi oleh perusahaan besar, ada pula jasa aransemen rumahan atau jasa ransemen online yang memiliki alat dan kualitas yang tak kalah baik. Lalu, berapa harga jasa aransemen lagu di Indonesia?

Patut diketahui terlebih dulu bahwa hitungan biaya aransemen biasanya didasarkan pada durasi lagu, yakni per satu menit. Namun ada pula yang mematok tarif per lagu tanpa memperhatikan durasi lagu tersebut.

Adapun harga yang biasanya ditetapkan adalah Rp100.000 per 1 menit, atau mematok tarif Rp2.500.000 per lagu dengan fasilitas aransemen, mixing dan mastering.

Proses mixing adalah proses balancing multitracks. Gambarannya, saat Anda merekam lagu, tentu akan menggunakan banyak track untuk merekam alat musik. Track ini nantinya akan digabungkan menjadi satu dan dibuat dengan memperhitungkan keseimbangan. Inilah yang dinamakan proses mixing.

Sedangkan mastering adalah proses yang dilakuan untuk memoles hasil mixing. Dalam proses ini, pekerja musik hanya butuh data track tunggal stereo dari hasil mixdown mixing.

Dengan memanfaatkan jasa aransemen lagu, Anda tak perlu pusing mencari inspirasi aransemen serta terhindar dari kesulitan proses mixing dan mastering. Karena dua hal ini cukup memakan waktu dan butuh keahlian khusus. Jika Anda tak memiliki kapasitas untuk itu, proses aransemen ditakutkan mengalami kegagalan dan membuat pendengar setia Anda jadi terganggu.

Di lavamusik.com sendiri, musisi bisa melakukan kerjasama dengan berbagai bentuk. Anda bisa mendiskusikan hal tersebut kepada tim kami dengan mengajukan kebutuhan apa yang sekiranya dibutuhkan.

Lavamusik.com tidak hanya memiliki pekerja kreatif yang mumpuni, namun juga memiliki berbagai alat penunjang aransemen seperti dapur rekaman, alat musik, alat multimedia, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan satu aransemen dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.