Memanfaatkan Jasa Pembuatan Nada dan Lirik untuk Menjadi Pemusik

nada dan lirik img by unsplash marius masalar

Nada dan lirik adalah dua elemen penting dalam penciptaan musik, baik genre pop, klasik, jingle, mars, hymne, theme song, soundtrack, lagu religi, hingga lagu anak. Keduanya saling bertaut dan tak dapat terpisah satu sama lain. Oleh karenanya, seseorang yang berkecimpung di dunia musik setidaknya memiliki dasar kemampuan penciptaan nada dan lirik. Namun, kemampuan tersebut ternyata tak serta merta harus dikuasai secara penuh. Seorang penyanyi bisa memanfaatkan jasa pembuatan nada dan lirik tanpa harus mencipta nada dan lirik secara mandiri.

Memanfaatkan Jasa Pembuatan Nada dan Lirik

Tak bisa dipungkiri bahwa kemampuan seorang musisi dalam proses penciptaan musik atau lagu tak selamanya berjalan lancar. Kendala yang dihadapi dalam proses kreatif mereka pasti muncul, salah satunya berupa artblock.

Namun produktifitas seorang penyanyi atau musisi tak boleh berhenti begitu saja. Ia harus tetap bernyanyi dan bermain musik, salah satunya dengan membawakan lagu ciptaan orang lain.

Membawakan musik ciptaan seseorang bukan hal yang patut dihindari. Bahkan, hal tersebut lumrah terjadi di industri musik. Misalnya, Eross Candra, gitaris band Sheila on 7 kerap menciptakan nada dan lirik yang kemudian dinyanyikan oleh Duta, yang merupakan vokalis dari Sheila on 7.

Hal serupa juga dilakukan oleh Ahmad Dhani yang nada dan liriknya dibawakan oleh rekan satu band-nya, atau band yang berada dalam naungannya.

Artinya, Anda pun mampu melakukan hal tersebut.

Saat seorang penyanyi ingin menerbitkan single atau album, ia tak harus membawakan lagu ciptaannya sendiri. Ia bisa membawakan lagu ciptaan orang lain yang mengerti pengetahuan tentang musik.

Namun, ada pula penyanyi atau pemusik yang mampu menciptakan nada dan lirik sendiri. Tipe musisi seperti ini memiliki multi skill karena memiliki kemampuan dalam berbagai disiplin ilmu.

Di Indonesia, banyak penyanyi yang memiliki kemampuan untuk mencipta nada dan lirik secara mandiri seperti Iwan Fals, Melly Goeslaw, Yovie Widianto, Raisa, Agnez Mo, dan masih banyak lagi.

Baik membawakan nada dan lirik ciptaan orang lain maupun ciptaan sendiri, seorang musisi sama-sama berpeluang mendulang kesuksesan.

Sukses Memanfaatkan Jasa Pencipta Lagu

Tahukah Anda lagu yang yang berjudul “Mendung Tanpo Udan”? Lagu tersebut dipopulerkan oleh Ndarboy Genk, sebuah band yang kerap membawakan lagu berbahasa Jawa. Salah satu momen kesuksesan “Mendung Tanpo Udan” adalah saat lagu tersebut viral di media sosial dan banyak dinyanyikan masyarakat dari berbagai kalangan.

Nama Ndarboy Genk langsung melambung karena viralnya “Mendung Tanpo Udan”. Yang tak banyak diketahui adalah bahwa lirik lagu tersebut ternyata diciptakan oleh Kukuh Prasetya Kudamai. Meski bukan ciptaan sendiri, Ndarboy Genk cukup sukses membawakan lagu tersebut.

Dengan demikian, seorang penyanyi yang mampu memanfaatkan jasa pembuatan nada dan lirik dengan baik berpotensi meraih kesuksesan besar seperti yang diraih oleh Ndarboy Genk. Anda pun demikian. Anda dibolehkan menyanyikan lagu ciptaan sendiri maupun orang lain asal sesuai dengan aturan yang berlaku.

Membuka Jasa Pembuatan Lagu

Para pencipta lagu tak melulu harus bisa bernyanyi. Begitu sebaliknya, seorang penyanyi tak melulu harus bisa mencipta lagu. Anda bisa memilih sisi mana yang akan Anda geluti, apakah sebagai seorang penyanyi atau seorang pencipta lagu.

Umumnya, seorang pencipta lagu profesional mendapat imbalan yang berbeda-beda karena tergantung banyak hal. Namun, di luar negeri, konon para pencipta lagu profesional dalam satu tahun mampu mendapat imbalan sebesar $65.000 atau sekitar Rp931.255.000.

Di Indonesia pun ladang jasa pembuatan lagu masih terbuka lebar. Hal ini dikarenakan para pencipta nada dan lirik masih kurang diminati. Padahal potensinya cukup besar dan imbalan yang didapat pun menjanjikan.

Di Indonesia, harga pembuatan lagu saat ini beragam tergantung dengan tingkat kesulitan, genre, hingga durasi yang diinginkan. Biaya per satu lagu bisa mencapai jutaan. Sedangkan biaya pembuatan lagu satu album bisa mencapai puluhan juta. Angka tersebut tentu cukup menggiurkan.

Namun untuk menjadi seorang pencipta lagu profesional juga tidak mudah. Anda harus menguasai beberapa alat musik, menulis lirik, dan yang terpenting adalah mampu memasarkan jasa Anda kepada calon klien.

Memasarkan Jasa Pembuatan Lagu

Perkembangan musik di Indonesia cukup pesat. Makin banyak penikmat musik dengan beragam genre, mulai dari pop, blues, jazz, dangdut, campur sari, lagu anak, lagu religi, reagge, rock, punk dan masih banyak lagi. Lagu tidak hanya sekadar sebagai hiburan semata, namun menjadi mars, jingle, yel-yel, dan beragam keperluan lain.

Dalam penciptaannya, baik mars, jingle, lagu populer, yel-yel tentu membutuhkan jasa pembuatan lagu. Peluang ini yang bisa dimanfaatkan untuk menawarkan jasa pembuatan lagu Anda.

Ada beberapa cara memasarkan jasa pembuatan nada dan lirik yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut.

  • Pasarkan Lewat Platform Digital

Tak seperti zaman dulu, kini banyak tersedia platform digital yang disediakan khusus untuk musisi, penyanyi, atau songwriter. Media mainstream seperti YouTube, Instagram, TikTok bisa jadi pilihan tepat untuk memulainya.

Selain itu Anda bisa memanfaatkan platform SoundCloud, sebuah aplikasi yang diperuntukkan bagi pengguna yang ingin membagikan konten suara mereka. Anda cukup menamperdengarkan cuplikan lagu lewat platform tersebut.

  • Tawarkan ke Musisi Secara Gratis

Selain melalui platform digital, menawarkan nada dan lirik ciptaan sendiri kepada musisi masih jadi cara lama yang sampai saat ini sangat efektif. Dengan catatan, pemilihan musisi atau penyanyi harus tepat. Tak semua penyanyi cocok untuk menyanyikan lagu ciptaan Anda. Anda bisa memberikan lagu ciptaan Anda secara gratis sebagai permulaan dengan berbagai kesepakatan yang dibuat.

  • Tawarkan ke Produser

Produser musik bekerja sama dengan para penyanyi, penulis lagu, dan penulis lirik sebagai bagian dari pekerjaan mereka. Anda bisa coba tawarkan kepaa para produser. Patut diingat bahwa dalam memilih songwriter, produser musik juga mempertimbangkan banyak hal, salah satunya seperti selera pasar. Anda bisa mencoba menulis satu lagu sesuai selera pasar untuk menimbulkan kesan baik.

Mencari Jasa Aransemen Terbaik

Berbeda dengan songwriter, jika Anda adalah seorang penyanyi, jasa aransemen terbaik akan sangat dibutuhkan dalam karier Anda. Dengan bantuan dari mereka, Anda bisa lebih produktif menerbitkan single atau album.

Memiliki single atau album sangat penting untuk para musisi. Hal itu dilakukan demi eksistensi dan pembuktian diri bahwa musik adalah sesuatu yang patut diperjuangkan. Selain itu, dengan memperdengarkan lagu dan suara Anda, semakin banyak pula pendengar yang menyukai Anda.

Untuk mencari jasa aransemen dan jasa pembuatan nada dan lirik terbaik, Anda bisa mencoba Lavamusik.com, penyedia jasa yang memiliki kemampuan mencipta dan mengaransemen musik. Tidak hanya didukung oleh peralatan yang memahdahi, Lavamusik juga disuport oleh sumber daya manusia yang terbaik di bidangnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas, Anda bisa menghubungi melalui situs Lavamusik.com. Di dalamnya terdapat contact person yang akan menghubungan Anda dengan tim terbaik dari Lavamusik.