Ingin Penuhi Syarat Akreditasi Butuh Mars untuk Instansi Pendidikan? Perhatikan Hal Berikut

graduation img by unsplash vasily koloda

Salah satu pertimbangan para orang tua dalam menentukan instansi pendidikan terbaik untuk putra-putrinya adalah dengan melihat akreditasinya. Selain itu, akreditasi sangat penting untuk menentukan kualitas instansi pendidikan, terutama pendidikan setingkat kampus. Karena itu, instansi pendidikan harus semaksimal mungkin untuk mencapai akreditasi yang diinginkan dengan memenuhi berbagai ketentuan. Salah satu syarat akreditasi butuh mars untuk instansi pendidikan.

Sayangnya, saat menentukan mars, kerap kali instansi pendidikan tak mementingkan kualitas dan estetika mars mereka. Padahal mars tidak hanya sebagai pelengkap saja, namun sebagai pembangun semangat dalam setiap seremonial hingga sebagai sarana pengenalan identitas.

Lalu, seberapa penting mars dalam instansi pendidikan sekaligus penunjang akreditasi kampus di Tanah Air?

Syarat Akreditasi Butuh Mars dan Hymne

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap instansi pendidikan di Indonesia harus terakreditasi secara resmi. Pengajuan akreditasi bisa dilakukan asal instansi pendidikan tersebut memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Setiap kampus di Indonesia yang telah terakreditasi memiliki mars dan hymne. Salah satunya seperti Universitas Islam Indonesia. Dalam situs resminya dikatakan bahwa lagu Hymne dan Mars Universitas Islam Indonesia adalah bagian dari atribut UII yang telah dicantumkan di dalam Statuta Universitas Islam Indonesia.

Artinya, Hymne dan Mars termasuk sebagai atribut kampus yang sengaja disiapkan. Baik Hymne dan Mars dapat digunakan oleh sivitas akademika dalam berbagai perhelatan dan seremoni di lingkungan kampus yang bersangkutan. Namun patut dicatat bahwa penggunaan kedua jenis lagu tersebut tak diperkenankan untuk kepentingan komersial.

Menilik Syarat Akreditasi Sekolah

Akreditasi identik dengan instansi pendidikan. Dari segi bahasa, akreditasi diartikan sebagai proses evaluasi dan penilaian kualitas sebuah institusi yang dilaksanakan oleh tim ahli (asesor). Evaluiasi dan penilaian kualitas didasarkan pada standar mutu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Proses akreditasi sendiri dilakukan atas arahan suatu badan akreditasi independen di luar institusi tersebut. Hasilnya akan berupa pengakuan bahwa institusi yang dinilai telah memenuhi dan sesuai dengan standar mutu sesuai ketetapan yang berlaku.

Hasil akreditasi tersebut jadi bukti bahwa institusi pemegang akreditasi telah layak untuk beroperasi serta melaksanakan seluruh programnya. Dengan betgitu masyarakat tak perlu meragukan lagi sebuah instansi pendidikan asal telah mengantongi akreditasi.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah atau madrasah yang ingin mengajukan akreditasi. Syarat tersebut telah diatur secara resmi. Adapun syarat yang dimaksu adalah sebagai berikut.

  1. memiliki surat keputusan pendirian/operasional sekolah/madrasah;
  2. memiliki peserta didik pada semua tingkatan kelas;
  3. memiliki sarana dan prasarana pendidikan;
  4. memiliki pendidik dan tenaga kependidikan;
  5. melaksanakan kurikulum yang berlaku; dan
  6. telah menamatkan peserta didik.

Fungsi Hymne dan Mars untuk Institusi Pendidikan

Seperti yang telah disampaikan di atas, hymne dan mars menjadi bagian dari kelengkapan dalam institusi pendidikan. Keduanya sama-sama memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Tak heran banyak institusi pendidikan di Indonesia, khususnya perguruan tinggi memiliki lagu hymne dan mars.

Dalam praktiknya, tak banyak masyarakat yang tahu perbedaan hymne dan mars. Bahkan, ada pula yang menganggap kedua jenis lagu tersebut sama. Padahal hymne dan mars punya pengertian dan fungsi yang berbea. Adapun pengertian dan fungsi dari kedua jenis lagu tersebut adalah sebagai berikut.

  • Apa Itu Hymne dan Fungsinya

Sering pula disebut dengan gita puja, hymne adalah nyanyian pujian yang biasanya ditujukan kepada Tuhan, pahlawan, profesi yang dianggap mulia, atau tokoh tertentu yang dimuliakan. Hymne juga digunakan untuk berdoa, memberi memberi kesan agung, penghormatan, puji-pujian, bisa pula digunakan untuk mencerminkan rasa syukur.

Hymne biasanya dimiliki oleh suatu organisasi, institusi pendidikan dan lembaga masyarakat, dan sebagainya. Contoh hymne yang ada di Indonesia seperti hymne Guru, hymne Madrasah, lagu syukur, atau yang populer adalah Gugur Bunga

  • Apa Itu Mars dan Fungsinya

Berbeda dengah hymne, mars adalah salah satu jenis musik yang berirama teratur dan bertempo cepat serta berpembawaan tegas. Mars dinyanyikan untuk membangkitkan semangat atau memancing keteraturan sebuah barisan. Saat dinyanyikan, mars cenderung menghentak-hentak. Mars juga identik dengan semangat juang dan sifatnya provokatif.

Hymen dan mars dalam institusi pendidkan biasanya dinyanyikan saat momen tertentu. Misalnya pada saat upacara resmi, momen perlombaan, dies natalis, wisuda, dan sebagainya. Meski demikian, baik mars dan hyma dinyanyikan berdasarkan konteks sesuai dengan fungsi masing-masing.

Jasa Buat Hymne dan Mars untuk Kampus

Masing-masing perguruan tinggi memiliki sejarah pembuatan hymne dan mars yang berbeda. Universitas Djuanda misalnya, syair hymne diciptakan oleh Taufik Ismail, sedangkan lagu diciptakan oleh Syam Bimbo.

Berbeda dengan Universitas Brawijaya (UB). Lagu hymne UB diciptakan oleh seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) bernama Yanardhana pada tahun 1963. Sedangkan mars UB diciptakan oleh Lilik Sugiarto pada tahun 1996. Hingga saat ini, UB masih menggunakan hymne dan mars tersebut.

Pentingnya hymne dan mars untuk institusi, organisasi, lembaga sosial memang cukup penting. Oleh karenanya banyak yang mencari jasa buat hymne dan mars untuk kampus hingga organisasi.

Di Indonesia, kini sudah tersedia berbagai agensi, studio, hingga produser musik yang mampu memberikan layanan jasa pembuatan mars dan hymne. Bahkan tak hanya itu, mereka juga menyediakan jasa pembuatan jingle hingga aransemen lagu.

Harga yang ditawarkan pun variatif, tergantung dari tingkat kesulitan, durasi, dan banyaknya lagu yang harus dibuat. Penyedia biasanya mematok harga hingga hingga jutaan rupiah.

Beberapa dari agensi misalnya, menerima pembuatan mars, hymne, jingle, lagu, dan aransemen rata-rata mencapai Rp2.500.000 per lagu. Durasi dari lagu tersebut kira-kira 1 sampai 5 menit. Namun terkadang harga masih bisa dinego jika durasi lebih pendek dan kuantitas lebih banyak.

Ada pula yang mematok dengan harga Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per lagu dengan durasi standar mars dan hymne. Biasanya harga tersebut sekaligus mixing dan sebagainya.

Tak perlu khawatir, Anda masih bisa mencari harga pembuatan hymne dan mars lebih terjangkau lagi. Namun  Anda harus selektif untuk memilihnya agar kualitas dan estetika tetap terjaga.

Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Lavamusik.com, yang menerima jasa pembuatan mars, hymne, lagu bergenre pop, dangdut, blues, jazz, hingga aransemen. Di Lavamusik, Anda akan mendapatkan pelayanan secara maksimal dengan tawaran harga yang menarik.

Pasalnya, agensi tersebut diisi oleh sumber daya manusia yang berpengalaman di bidang industri kreatif, khususnya di bidang musik. Tak heran jika Anda mendapatkan paket dengan harga terjangkau dan kualitas yang tak terbantahkan lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs Lavamusik.com. Di situs tersebut tercantum contact person yang berupa email hingga media sosial. Respon yang diberikan atas pertanyaan calon klien akan diberikan secara cepat dan sejelas mungkin.